Terungkap! Inilah Penyebab Tiket Pesawat Rute Internasional Lebih Murah

Dewasa ini, masyarakat Indonesia banyak yang mengeluh akibat harga tiket pesawat domestik yang mahal. Namun ternyata, hal ini justru berbeda dengan harga tiket pesawat rute internasional. Harga yang ditawarkan oleh penerbangan internasional ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan penerbangan domestik.

Adanya perbedaan harga yang cukup jauh ini tentu menimbulkan tanda tanya di kalangan masyarakat Indonesia. Nah, buat kalian yang juga penasaran dengan penyebab adanya perbedaan harga ini, simak terus penjelasan selanjutnya.

Penyebab Tiket Pesawat Rute Internasional Lebih Murah dari Rute Domestik

Penyebab perbedaan harga tiket dari rute penerbangan domestik dan internasional ini sesungguhnya disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut seperti misalnya:

1. Tidak adanya Pajak Penambahan Nilai (PPN)

Pada penerbangan domestik, tiket yang kita beli juga sudah termasuk besarnya PPN yang harus dibayar. Sementara jika pada penerbangan luar negeri, kita tidak perlu membayar Pajak Pertambahan Nilai. Dengan tidak adanya pajak ini tentu membuat harga tiket pesawat turun untuk penerbangan internasional.

2. Adanya sistem pemasaran yang berbeda

Ada yang mengatakan bahwasanya tiket penerbangan internasional lebih murah ini dikarenakan adanya strategi pemasaran yang berbeda. Di penerbangan internasional, pihak maskapai menggunakan sistem bauran produk dengan harga yang cukup dalam.

Mereka akan menerapkan gimmick dengan memberikan tarif lebih murah namun dengan jumlah kursi yang terbatas. Taktik seperti ini tentu akan membuat para penumpang lebih tertarik dan menjadikan hal ini sebagai strategi mencari tiket pesawat murah promo.

Jika awalnya kapasitas kursi pada maskapai tersebut rata-rata hanya terisi 80% saja, dengan menggunakan taktik ini, ada kemungkinan kursi akan terisi 100%. Pihak maskapai juga tetap memperoleh untung, bahkan bisa jadi lebih besar dari biasanya.

3. Tingginya tingkat frekuensi penerbangan

Salah satu penyebab lain harga tiket pada penerbangan internasional lebih murah yaitu adanya tingkat frekuensi penerbangan yang lebih tinggi. Akibatnya, tiap maskapai akan melakukan perang harga. Mereka akan berlomba-lomba untuk memberikan harga tiket yang lebih murah untuk menarik perhatian.

4. Adanya perbedaan harga bahan bakar

Umumnya, harga bahan bakar pesawat (avtur) di luar negeri lebih murah jika dibandingkan dengan harga avtur di Indonesia. Bahkan, harga avtur di Madinah bisa lebih murah hingga 16-21%. Adanya perbedaan harga bahan bakar ini tentu berpengaruh dan dapat menyebabkan harga tiket pesawat turun.

5. Adanya sistem perbedaan tarif

Perbedaan tarif pada penerbangan internasional ini bertujuan untuk menarik perhatian calon penumpangnya. Pihak maskapai akan menawarkan tarif dengan harga yang lebih murah untuk beberapa kursi. Nah, perbedaan tarif ini tidak dapat kamu temukan di penerbangan domestik.

Akibatnya, harga yang ditawarkan maskapai penerbangan domestik ini menggunakan harga normal. Harga normal inilah yang kemudian terlihat seolah-olah penerbangan domestik memiliki harga yang mahal.

Banyaknya faktor yang menyebabkan penerbangan internasional lebih murah dibanding dengan penerbangan domestik membuat permintaan tiket pesawat domestik ini menurun. Beberapa calon penumpang saat ini bahkan lebih memilih untuk beralih menggunakan penerbangan internasional.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena di Mister Aladin kamu akan menemukan harga tiket pesawat ke mana saja dengan harga yang murah. Dengan menggunakan agen perjalanan ini, kamu dapat membeli tiket dengan mudah dan cepat. Tak hanya itu, transaksi pembayarannya juga lebih aman dengan menggunakan berbagai pilihan.

Demikian beberapa penjelasan mengenai penyebab tiket pesawat rute internasional lebih murah dari penerbangan domestik. Tetaplah hati-hati saat akan membeli tiket pesawat secara online karena saat ini sudah banyak sekali tiket-tiket penipu. Nah, agar lebih aman, pilih dan pesan saja di Mister Aladin.